06/02/16

Perbedaan Dunia Sekolah Dan Dunia Kuliah

"Kelulusan bukanlah akhir, tapi sebuah awal. Awal dari penderitaan"


Tagline itu tercantum jelas di jidat gue.

Semasa sekolah, hidup kita ga banyak beban. Tapi setelah lulus sekolah? justru beban-beban yang belum pernah kita rasakan sebelumnya itu akan bermunculan satu per satu. Kuliah, kerja, kuliah sambil kerja, atau.. langsung nikah. Itu semua adalah beban, beban yang harus di jalani dan di tempuh oleh diri sendiri dengan penuh tanggung jawab dan ga menggantungkan semuanya lagi kepada orang tua, tujuannya adalah untuk terus melanjutkan hidup. Karena kalo kita ga memilih salah satu dari itu semua, kita ga akan merasakan yang namanya "Hidup". Tapi percayalah, kalo kita menjalaninya dengan penuh ke-ikhlas-an dan sepenuh hati, beban-beban itu ga akan terasa sebagai beban lagi.

Gue pribadi, setelah lulus sekolah memilih melanjutkan awal kehidupan dengan... Kuliah.

*****

Kuliah. Kuliah memang ga seperti sekolah yang memiliki aturan-aturan tai anjing. Misalnya: Peraturan rambut, pakaian dan sepatu. Saat kuliah, peraturan-peraturan brengsek ga berguna di sekolah yang mewajibkan rambut siswanya ga boleh gondrong, ga boleh di warna-warna, kudu pakai seragam dengan atribut lengkap, sepatu juga ga boleh yang macem-macem, itu ga ada. Atau, kalaupun ada, ga akan se-taianjing waktu sekolah. Kalian harus tau, bukan itu esensinya. Memang, saat kuliah kamu akan mendapatkan kebebasan yang terkekang selama di sekolah, tapi, banyak hal yang lebih ngehe dari sekedar semua itu saat kuliah, gue sendiri merasakan perbedaan dan perubahan itu.

Buat gue, sekolah itu cuman 'Pemanasan', ga banyak mengalami penderitaan selain dari kenakalan yang sengaja kita lakuin, bisa dibilang sangat santai dan menikmati hari-hari di sekolah. Beban sekolah cuman di akhir, pas UN. Udah itu doang. Rusuh nyari-nyari kunci jawaban, beli sana-sini taunya kena tipu. Kasian.

Dan kuliah adalah perjalanan baru dari hidup gue. Sebuah awal. Awal dari pembelajaran sesungguhnya. Awal dari sebuah penderitaan.




Gue sekarang kuliah jalan semester 2. Jadwal kuliah gue terbilang santai sih, cuman tugas-tugasnya itu loh yang ga bisa nyantai. Dalam waktu seminggu, minimal ada 3 tugas, mulai dari tugas hafalan, tugas makalah, sampai tugas essay dan semuanya itu ngehe-ngehe. Yang ngeselin mah kalo udah nge-print puluhan halaman, salah dikit, di coret-coret, terus disuruh revisi. Udah di revisi, salah dikit, revisi, print (lagi). Gitu aja terus sampe dosen bilang "Oke, baik". Kan tai anjing, otak sama dompet gue empot-empotan, cape lahir dan batin kalo udah gitu. *Elus-elus dada* *Dada wanita?*

Terlalu banyak mengeluh, itulah gue saat awal-awal perkuliahan. Apalagi waktu sekolah gue SMK jurusan IT dan sekarang kuliah berbelok ngambil jurusan Manajemen. Ga nyambung emang. Berkat itu, banyak hal yang belum gue tau soal Manajemen, dari mulai bahasa dan lain-lainnya, karena rata-rata yang masuk jurusan ekonomi itu anak IPS. Dan fakta mengejutkannya, gue adalah satu-satunya di kelas yang waktu sekolah jurusan IT, sisanya 70% IPS dan 30% IPA. Sumpah gue shock abis pas tau itu. Jelas, tingkat pengetahuan gue soal ekonomi jauh di banding temen-temen yang lainnya. Secara gue waktu sekolah bisanya kan cuman maling koneksi dan main game online gratis di lab komputer. *DANG!!!*

Tapi jujur, gue ga terlalu memikirkan sih soal gue satu-satunya yang beda ras di kelas, karena di awal-awal gue mencoba untuk 'ber-adaptasi' dengan manajemen ini supaya ga keteteran di mata kuliah - mata kuliah penting. Beberapa bulan sudah gue mulai terbiasa dengan istilah-istilah dan pelajaran ekonomi di manajemen, gue jadi paham banyak hal baru, selain itu, gue juga sudah mulai terbiasa dengan sistem pembelajaran dan aturan perkuliahan yang berbeda drastis dengan sekolah.

Banyak perbedaan yang gue rasakan setelah masuk kuliah, itu membuat gue mengalami perubahan. Bisa dibilang gue mengalami culture shock karena itu. Dan ya, tulisan ini juga gue buat untuk kalian yang sedang merencanakan kuliah dan mencari referensi-referensi sesat soal dunia perkuliahan. Apalagi dalam waktu beberapa bulan lagi yang sekolah akan melaksanakan UN. Setelah lulus, masa iya kamu mau sekolah lagi, kan engga. Beruntunglah kamu yang sedang membaca tulisan ga berguna ini. Huwahahahaha! =))

Ga pake basa-basi lagi, inilah beberapa hal yang membedakan dunia sekolah dan dunia kuliah yang gue rasakan.

1. JAM BANGUN

Sekolah
Jam 6 pagi.



Kuliah
Jam bangun ga menentu. Bisa pagi, siang atau sore. Kadang, jam bangun kita di tentukan oleh dosen. Keparat emang.

Pas kebagian kelas pagi, belum ngerjain tugas yang kudu di kumpulin, akhirnya pun begadang.



Paginya, dikelas...


Terus gimana kalo kebagian kelas siang?

Jam 11 siang.


Pas berangkat kuliahnya..




2. BARANG BAWAAN

Sekolah






Kuliah






3. CARA PEMBELAJARAN

Sekolah


Guru sangat perhatian sama murid-muridnya, bahkan guru-guru di sekolah gue dulu tau sama semua nama-nama muridnya. Meskipun gue nakal, tetep aja bisa baik. Telat ga apa-apa, yang penting masuk kelas, meskipun kadang suka di hukum atau di marahin. Kalo ada murid yang bermasalah sama nilainya, kita mah murid cengengesan aja, guru yang nyari-nyari kita dan repot ngebantu supaya nilainya bagus. Kalo ngasih tugas nyantai, ga numpuk, bisa ngerjain di kelas (nyontek), ngumpulinnya bisa telat (no deadline), dan tentunya ga ada revisi. Gampang untuk di akali.

Kekurangan cuman satu, ga bisa nitip absen.


Kuliah


Berbanding terbalik dengan guru, dosen ini ga ada perhatian sama mahasiswa-mahasiswi, terkesan sok cuek dan masa bodo. Jarang banget ada dosen yang kenal sama satu kelas, paling cuman beberapa, kalo ga yang paling rajin, ya yang paling males. Telat dikit, tutup pintu dari luar. Ngasih tugas ga pernah setengah-setengah dengan deadline yang mepet. Biadab. Kalo nilai kita kurang ga ada perbaikan, alias kudu ngambil SP (Semester Pendek) dan BAYAR LAGI. Kalo ada perlu sama dosen, kita yang nyari-nyari dan kampretnya, dosen ini semakin di cari justru semakin sulit untuk ditemui. Makhluk ghaib. Susah untuk di akali.

Keuntungan cuman satu, bisa nitip absen. Udah gitu aja. *DANG!!!*


4. TUGAS

Sekolah






Kuliah



Endingnya,




5. TEMAN

Sekolah


Ga banyak muka, apa adanya, ga nuntut gaul, ga pilih-pilih dalam berteman. Bisa di ajak untuk "Ga munafik", gampang di pintain tugas, secara gue waktu sekolah kan preman, hehe. Ga banyak caper-caper juga sama guru.


Kuliah

Temen-temennya asik, gokil juga sih, lebih gaul, tapi kadang sadis dan banyak muka. Di depan bisa baik, tau-tau menikam dari belakang dan siap menyalip untuk jadi yang paling depan. Banyak yang sok-sok caper ke dosen biar keliatan "Wah!". Banyak yang kurang dalam hal kerja sama, terkesan individual.

*Momen yang paling ngeselin dan sering terjadi*




NOTE:

Kunci kuliah itu adalah kudu bertumpu sama kaki dan otak sendiri, jangan terlalu ngarep-ngarep apalagi ngandelin orang lain, bisa bahaya. Jadilah yang terdepan dengan cara yang bersih, bukan dengan ke-egois-an, apalagi sampai merugikan temen sendiri. Jadilah mahasiswa yang baik, bukan yang licik. :)

*****

Ya, itulah beberapa perbedaan yang tentunya menuntut gue untuk mau tidak mau kudu berubah menyesuaikan perbedaan tersebut. Dari culture shock yang gue alamin, dunia kuliah itu lebih kejam dan penuh penderitaan dibanding sekolah. Jadi, masih beranggapan kalo kuliah itu lebih santai di banding sekolah? [-(

Tapi balik lagi ke awal yang gue bilang, beban-beban yang kita alamin kudu di jalani dengan ke-ikhlas-an dan sepenuh hati. Seperti halnya gue, gue mencoba menjalani beban-beban kuliah dengan ikhlas, karena suatu saat, dari sini pasti akan ada manfaatnya, dan itu mulai terasa nyata loh. Gue jadi lebih di siplin dalam waktu, ga telat masuk, ga telat ngerjain tugas, bertanggung jawab dengan apa yang gue lakuin, ga seperti waktu sekolah lah pokoknya mah.

Ohiya, gue punya kabar baik dan kabar buruk. Kabar baiknya, sekarang pemalasan tingkat profesor doktor gue jadi agak berkurang. Kabar buruknya, itu di karenakan tugas yang tiada henti dengan deadline mepet dan tentunya sangat biadab.

Brengsek emang. ;-(


Dan ya, kuliah itu baru awal. Kehidupan yang lebih keras menanti setelah lulusnya, iya, kerja dan berkeluarga. Makanya sekarang gue bukan cuman kuliah, tapi coba juga untuk bikin usaha kecil-kecilan, ya lumayan buat nambah-nambah uang jajan, jadi ga selalu minta orang tua dan itung-itung supaya nanti terbiasa dengan dunia kerja. :d

Semoga tulisan gue ini ada gunanya ya, meski diri gue sendiri pun ga tau letak gunanya tulisan ini dimana. Dimana ya? Hehe hehe hehe....... *Cengengesan* *Lalu kejang-kejang*

Nah, ada lagi yang bener-bener kalian rasakan bedanya dunia sekolah dan dunia kuliah atau mungkin ada pengalaman ngehe lainnya seputar sekolah dan kuliah? Kalo ada, boleh dong sharing dan tulis di kolom komentar. :-d

40 komentar:

  1. Hahaha.. seperti dalam game naik level bosnya makin susah dikalahin kan ya? Mungkin seperti itulah kita menghadapi sekolah dan kuliah atau guru dan dosen. Intinya sih pengalaman kita nambah dan kita bisa bilang "ah.. sabar aja..gw udah lewatin lvevel itu " :))

    Good luck! ^^

    BalasHapus
  2. Hahaha baca postingan ringan ini seperti mengingatkan masa muda saya yang warna-warna. Sesekali main stream, usil, kadang sok rajin udah biasa, kan :)

    BalasHapus
  3. oh kayak gitu bang ya gambaran kuliah
    iiih ngeri kalo bikin tugas direvisi mulu
    apalagi nanti skripsi ya bang
    wah wah bisa pecah kepala
    kepala itu beda bang sama kelapa
    kelapa itu enak bang palagi kelapa muda
    airnya itu bikin seger loh bang
    belum lagi kalo makan buahnya
    weeeh mantep
    apalagi makannya pas panas2 bang
    segeeer

    BalasHapus
    Balasan
    1. .... Ini apaan sih, nulis materi stand up comedy jgn disini atuh :-?

      Hapus
  4. Asli artikelnya gokil abis~ bikin bisa bikin senyum-senyum sendiri...

    BalasHapus
  5. Hahaha, yang di sekolah true banget.. sukses membuat saya tertawa.. hahahaaa =))

    BalasHapus
  6. Saya sih masih SMA sekarang, tapi kayaknya kuliah sama sekolah ada yang sama... kayaknya. Yang samanya itu sama-sama belajar. Cuma di kuliah (katanya) belajar mandirinya pake banget.

    Ditunggu kunbal dan komennya ke sini ya, http://aftersundaymorning.blogspot.co.id/2016/02/the-first-post-on-blog.html
    Kalo bisa sekalian follow twitter pagenya, hahaha.

    BalasHapus
  7. Sekolah emang g lebih berat dari kuliah. Nanti kalo udah lulus kuliah terus masuk dunia kerja, maka dunia kerjalah yg lebih kejam daripada dunia perkuliahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, bener! Di saat kuliah lah ke-disiplin-an kudu terbentuk, biar nanti kerja ga keteteran :)

      Hapus
  8. kok rada serem gitu ya ngebayanginnya~

    BalasHapus
  9. Uhooo berat juga ya kuliah. Belum gitu juga tekanan batin memikirkan masa depan mau jadi apa makin berat... tapi serunya kan bisa mendalami bidang yang kita inginkan. Lebih fokus, gitu. Selama nggak salah jurusan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi. Paling bahaya kalo sampe salah jurusan, makanya kudu dipikirin baik-baik "Gue mau jadi apa?" :)

      Hapus
  10. Intinya nikmati dulu masa SMA sebelum masa kuliah menerpamu :p. Tapi yaa kuliah ituu ya enak, gak banyak peraturan, apalagi soal rambut yang di sekolah sangat ketat banget

    BalasHapus
  11. Jalani dengan ikhlas aja deh.. kebanyakan ngeluh malah jadinya gak belajar (belajar dari kehidupan). :D
    Justru malah prosesnya itu yang nantinya jadi bekal kita setelah selesai dari sekolah atau kuliah. Lebih berat lagi masa setelah lulus kuliah kan.

    Salam kenal!

    BalasHapus
  12. Gitu banget emang ya kuliah? Tahun ini aku lulus dan mau lanjut kuliah. Semoga ga semenderita kamu deh hahaha ga berhenti ketawa bacanya =))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti juga ngerasain sendiri, maka sesungguhnya bersiaplah merasakan kejamnya kuliah-mu, nak. :>)

      Hapus
  13. Nasib elu udah pernah gue alami, haha. Tapi keknya dulu gue ga gitu2 amat,, ;D

    BalasHapus
  14. Saya jadi ingat, waktu dulu awal kuliah saya juga bikin postingan semacam ini.

    Memang perbedaan utamanya ada di banyaknya tugas. Kalau kuliah tugasnya nggak ketulungan banyaknya.

    BalasHapus
  15. ini juga gue banyak yang rasain dahh bener banget hahahhaa

    BalasHapus
  16. Aku sekarang masih kerja, tapi tahun depan rencananya mau kuliah. Lumayan buat jadi bekal menghadapi perkuliahan hihi :>)

    BalasHapus
  17. selamat yah udah jadi mahasiswa

    BalasHapus
  18. Gak lama lagi gue bakal kuliah. Bakal menghadapi kehidupan yang keras T^T
    Semoga gue kuat T^T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sukses ya bro nanti UN-nya! Dan jangan lupa, klinik mak erot dulu biar kuat. :d

      Hapus
  19. Huahaha kocak. Tapi saya suka masa kuliah saya sih :D

    BalasHapus
  20. Aku ngakak tiap ada kata tai anjing, biadab emang, keparat dan lain lain =)) btw link ente yang di koment kk ngak ngelink di posting ini.

    BalasHapus
  21. Aku kaget sendiri baca banyak kata-kata ajaib. Hahhaa. Tanggungjawab sbagai anak kuliah emang berat. Apalagi saat ntar nikah. Hehehe. Salam kenal

    BalasHapus
  22. Duh iya, paling nyebelin itu pas ada nilai matkul yang gak cukup. Terpaksa ngulang deh. Huh. Terus pas udah ngulang dg nilai yg ngepas, nilai yang gak lulus sebelumnya tetep nangkring di transkrip, rasanya tuh... :')

    BalasHapus
  23. Hahahanjir :( kuliah :( bener-bener beda banget sama sekolah ini mah -_- kalau buat aku, sama antara kuliah dan sekolah ya di jam masuk. Sejauh ini aku selalu apes dapet kuliah yang jam 7 terus :(

    TUGAS KULIAH MEMANG KAMPREEEET :((

    BalasHapus
  24. Gue ga gitu-gitu amat bro. Nasib lo aja kali yang males hahaha dan baru semester 2. Blom ntr skripsi loh....hahahhaa

    BalasHapus
  25. Baca postingan ini jadi berasa flashback ke masa maba dulu.
    Masih tahun pertama kok, selow. Belum masuk tahun-tahun berikutnya yang bakalan makin sibuk ~

    BalasHapus
  26. hihi jadi ketawa-ketawa sendiri inget zaman muda. Ntar masa kerja lebih "beda" lagi loh. Oh ya, sekalian mau tanya kalo kami mengadakan lomba blog, berminat ikut gak nih kak?

    BalasHapus
  27. Paling nyesek begadang ngerjain materi buat presentasi, dan besoknya dosen nggak berangkat. Presentasi diundur sampe minggu depan :( Dan di kampus gue nggak bisa titip absen. Dosennya kadang ngabsen mahasiswa satu-satu. Kan ngerii:''''

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nasib mahasiswa emang gitu, beda-beda tapi tetep satu tujuan. Menderita. =))

      Hapus
  28. Wah, ak setuju dengan tulisanmu,

    Kalo Ak, udah melewati pase2 ini semua, dari dunia sekolah, dunia kuliah, dan sekarang dunia kerja

    Nikmatin aja bro, baru semester awal kan, semester tingkat akhir lebih horor lagi bro

    Btw yang kuliah hanya bawa buku binder dan pulpen aja, ak banget tu

    BalasHapus
  29. kuliah memang membuat hidup jadi berasa gimana gitu. bebas dan seenak gue

    BalasHapus
  30. Abis baca ini, nggak tau kenapa gua malah jadi pengin buat ngerasain dunia kuliah. Kayak ngerasa dapet tantangan baru aja gitu. Yah, semoga aja gua bisa menghadapinya dengan cantik. :)

    BalasHapus
  31. welcome to the jungle akakakakak .
    semangat yaaa . =))

    BalasHapus
  32. Dunia kampus tak seindah di ftv-ftv vroohh hahaha

    BalasHapus
  33. Ahaha udah ngelewatin itu semua.
    Dunia kerja lebih seru lagi kok :p

    BalasHapus
  34. haha, kalo SMA itu kita berjuang sama-sama antara murid sama guru.
    Kalau kuliah semuanya berjuang sendiri-sendiri, masuk boleh bareng tapi keluar gak ada yang tau kapan, bisa lulus cepet, lulus telat, hampir kena do atau malah kena do.

    selagi masih semester awal seimbangin ya antara kuliah sama seneng"nya, jangan sampe nyesel di semester akhir~ ganbatte!!

    BalasHapus