31/01/16

THE BLOGGER'S REBORN


Hai semua. Sebelum mulai, gue mau ngucapin, meskipun emang udah telat, telat banget sih. Goblok emang. HAPPY NEW YEAR 2016! Let's start the new beginning without fear of fail. Yaw! Dan juga untuk doa-nya, ya, semoga tahun ini lebih baik (lagi) ya tentunya dari tahun-tahun sebelumnya serta segala yang belum tercapai di tahun-tahun sebelumnya bisa tercapai di tahun ini. Amin.

Ohiya, sebelum mulai lebih lanjut, mungkin udah ada yang kenal gue tapi pasti lebih banyak yang ga kenal siapa manusia goblok yang punya blog ini, gimana kalo kita perkenalan dulu. Setuju? Okey.

MARTISEN. MAHASISWA RAJIN TITIP ABSEN.
Nama gue Deden Senjaya Putra atau biasa di panggil Kung. Gue gatau kenapa di panggil dengan sebutan itu, apa karena gue jangkung (tinggi) atau karena gue doyan makan kangkung? Oke fix ga penting. Lahir di Bandung, 04 Juni 1997, umur sekarang 18 tahun dan sekarang gue kuliah jalan semester 2 jurusan Manajemen di salah satu Universitas Swasta ternama di Kota Bandung.

Udah cukup dan segitu aja kali ya perkenalannya hehehehe....

*****

Yah, setelah sekian lama fakum dari dunia blog dan sosial media, akhir-akhir ini, entah kesambet apaan, gue kangen aja gitu ngebuka seluruh akun sosial media gue yang udah lama ga ke urus. Gue nyalain laptop dan buka semua akun sosial media gue. Perasaan tak menentu, getar-getar bimbang, geli-geli basah, dan mantan-mantan yang makin cantik menghantui pikiran gue setiap harinya setelah melihat banyak message yang masuk ke email, twitter, ask.fm dan fanpage facebook gue. Tak lain pesan-pesan itu adalah dari, yap, temen-temen dan para pembaca blog gue dulu. Beberapa message yang masuk itu ya kira-kira isinya tuh gini:


"Kak, kapan nge-posting blog lagi? Kangen nih sama tulisannya"



"Nge-blog lagi dong, please!"



"Kamu masih hidup kan? belum mati kan? ahelah lama banget ga nongol. On lagi dong!"



"Eh anjing bangsat gegara kutu yang ada di samping blog lo layar laptop gue jadi rusak ini. RUSAK!!! 900.000. GANTI GA, GANTI!!!"


"Den tugas kewarganegaraan udah selesai kan? udah lewat deadline nih. Mana dosennya kayak mike tyson."

Nnngg.. hehe hehehehe, ehm, kayaknya gue kudu ngejelasin beberapa point deh ya. Oke soal "kutu" itu, jadi, blog gue yang dulu emang pake widget kutu berjalan gitu di samping kiri layar, jadi ya ga heran kalo kalian getok-getokin itu kutu di blog gue. Gue ga tau itu bener apa engganya, cuman ya emang ada beberapa juga message masuk yang serupa. Ada yang katanya laptopnya di jual karena di kira ke masukan virus, layarnya jadi ngehang gara-gara berusaha ngusir itu mantan kutu, dari mulai ngegetok-getok pake tangan (tangan agung herkules), sampai pakai higheels, layarnya pecah lah, kutunya beranak lah, dan lain-lain. 

Gue sih ga menyalahkan kalian atas perbuatan goblok karena widget gue yang kalian kira kutu beneran. Jangankan kalian, gue aja nih ya kemaren-kemaren pas pertama ngebuka blog gue yang dulu, gue getokin keroyokan itu kutu yang ada di layar bareng temen-temen. Untung bukan pake laptop gue, kan. Iya iya, gue yang salah. Tapi tenang, blog gue yang sekarang ga pake widget yang aneh-aneh lagi kok. Janji deh. Dan untuk point yang terakhir itu, ga usah di jelasin juga pasti pada tau lah ya kalo dari dulu gue kan emang orangnya pemalasan, apalagi buat ngerjain tugas kuliah yang menumpuk, tiada henti dan semakin biadab. Jadinya kadang suka lewat deadline. Dan jangan berpikir kalo gue mahasiswa yang buruk. Gue juga ga sering-sering banget ini lewat deadline, lebih sering tepat waktunya kok. BOOOM!!! *Ambil Posisi Kayang* *Para pembaca tepuk tangan* 


Lanjut!

Dari banyak message masuk, yang rata-rata minta gue untuk nulis, nge-blog, ngehibur banyak orang lagi dan juga dukungan positif dari temen-temen semua, jujur gue terharu, ada ya yang suka sama tulisan gue. Seonggok gue yang udah lama hibernasi dari dunia blog masih dapet dukungan, dan di hargai, itu ngebuat gue makin termotivasi untuk "Keep writing your story, man! Don't be afraid". Itu salah satu alasan kenapa gue buat nge-posting tulisan ini  dan mulai nge-blog lagi. Ya, meskipun nantinya gue ga akan sering posting blog, tapi ya gue akan usahakan lah ya di tengah-tengah kemalasan kelas berat, kesibukan kuliah, minimal setiap bulan ngeposting 1 tulisan. 

Dan, ya, untuk menerapkan juga disiplin menulis (sebenernya untuk membantu gue juga supaya ga males nulis materi kuliah dan memilih untuk bertidur ria di pojok kelas, sih) gue nyatakan mulai detik ini GUE AKAN NGE-BLOG LAGI TEMAN-TEMAN SEMUA. Puas kalian? Hahaha. Semoga di blog ini gue ga berkhianat dan tiba-tiba fakum tanpa alasan yang jelas (lagi) ya. Karena jujur, gue merasa berdosa udah mengkhianati para pembaca setia blog gue (dulu).


Wait... Mari kita flashback sejenak. Gue terakhir nge-blog itu sekitar ratusan juta tahun yang lalu, saat dimana laptop gue di serang oleh dosen tyrex dan meteor datang ke bumi lalu jatuh menghantam seluruh menara seluler dan Boom! Terjadilah kehilangan harta benda dan sinyal sehingga gue fakum dari dunia blog dan sosial media. Jiwa pun terbang mencari-cari peradaban baru. Hiks hiks. *Kipas-kipas bulu mata*

Ga deng, bercanda. Jadi gue terakhir nge blog itu januari 2014, kalian bisa liat tulisan gue sebelumnya Disini!  Sumpah ga kerasa udah 2 tahun. Bahkan pas pertama gue nulis postingan ini nih, gue takut kalo tulisan gue bakalan jelek, karena udah 2 tahun ga nulis blog. Sebelum akhirnya gue sadar kalo udah ada font yang ngatur bentuk tulisan kita. Ah, lega. Masih aja goblok ya gue?

"Bentar, bentar. Terus alasan lo fakum selama 2 tahun dari dunia blog itu kenapa? Sibuk nyari pacar ya? Ngaku!"

Bukan, bukan itu bangke. Untuk urusan pacar, gue tipe orang yang ga terlalu addict sama yang namanya pacaran. Bisa dibilang masih betah ngejomblo. Disamping itu emang gue ga laku aja kali ya huekekekek. Oke fokus.. fokus! Jadi mungkin selama ini kalian bertanya-tanya kenapa gue fakum lama banget? simple aja sih, males. Bukan cuman di dunia blog gue fakum, tapi semua (baca: semua) akun sosial media. Jadi selama 2 tahun bener-bener ga main lagi sosial media. Serius. Gue cerita kesialan gue dikit ya. Jadi, 2 tahun yang lalu laptop gue rusak parah gitu, harddisk-nya nge-bad sebelum gue sempet nge-back up, laptopnya udah die, and damnshit! otomatis file-file penting dan ga penting gue ilang semua + layarnya pecah karena dengan polosnya gue simpen di deket AC Bus waktu gue study tour ke jogja. Sial banget emang. Mungkin itu balada karena laptopnya sering gue pake buat nonton bokep dan nyuri (hack) koneksi orang lain. Hehe hehe brengsek emang. Maaf. ;-(

Seperti itulah kejadiannya teman-teman. Mau beli lagi mana ga ada uang, ditambah koneksi internet indonesia yang semakin memble tapi semakin mahal. Kan tai anjing banget ya. Kalo ke warnet juga males. Itulah yang ngebuat gue berhenti berselancar di dunia internet untuk sementara. (Kecuali buat ngerjain tugas makalah)


"Ah alasan doang lo, den. Bilang aja males nge-blog"

Kalo gue males nge blog, gue ga mungkin dong ngeblog lagi seperti detik ini kan? apalagi gue nulis ini di tengah-tengah kesibukan UAS loh ngebela-belain ga mandi belajar, kalian bisa liat sendiri kan foto gue pakai stelan hitam-putih. Padahal gue emang jarang dan males belajar sih, makanya gue alihkan ke nge-blog. Muehehehe. :))

Seperti yang ditulis sebelumnya, gue bukan cuman fakum di blog, tapi juga semua sosial media. Jadi kalo dibilang males nge-blog itu bukan alasan gue. FYI, banyak dampak yang gue rasain selama fakum 2 tahun ini. Kalo dulu, gue bisa dibilang maniak sama internet, itu ngebuat gue jadi agak jauh sama temen-temen di dunia nyata dan lebih deket sama dunia maya, lebih mentingin main blog sama sosial media daripada sama temen-temen, itu ngebuat gue jadi kurang bersosialisasi, istilahnya tuh asik sama dunia sendiri. Dan ya, setelah gue memutuskan untuk sementara tidak bermain di dunia maya, semenjak itu juga gue jadi lebih sering ngabisin waktu bareng temen-temen, jadinya gue deket lagi dan punya banyak temen kan (Tentunya semakin nakal). 

Emang ga salah sih main di dunia maya, positif juga kok, disamping untuk sarana hiburan dan mengusir kebosanan, bisa juga mendekatkan yang jauh. Asal jangan kayak gue dulu aja yang lebih condong ke dunia maya dibanding dunia nyata, jadinya menjauhkan yang dekat. Kudu seimbang lah antara dunia maya dan dunia nyata-nya.

Apalagi ya. Ohiya, sekedar ngasih tau aja sih, gue fakum dari dunia blog bukan berarti gue ga nulis lagi. Gue belajar lagi menulis yang lebih baik dibanding tulisan gue yang dulu-dulu. Jadi selama ini gue masih nulis kok, cuman ya gue simpen tulisannya di "Story" yang ada di smartphone gue. Udah ada beberapa tulisan, ada yang udah gue tulis dari lama, ada juga yang baru-baru ini gue tulis. So, tulisan yang ada di "Story" itu pastinya bakalan gue posting di sini (tentunya dengan penambahan, perbaikan, dan jangka waktu).

Sekarang gue ga punya laptop pribadi, tapi untungnya ayah gue punya, jadi ya bisa gue pake sesekali (secara paksa). Kalo dulu gue ga bisa nulis selain di komputer, sekarang jaman udah canggih, gue bisa pakai smartphone untuk nulis di sela-sela kebosanan. Jadi sekarang udah ga ada batasan, ga ada alasan lagi untuk gue ga kembali nge-blog, membagi cerita dan segala kegelisahan di hidup gue. Apalagi selama ini gue kangen untuk nge-blog, kangen untuk ngeluapin segala kegelisahan gue, dan lewat blog, cuman lewat blog, gue bisa nuangin segala kegelisahan, cerita gue sehari-hari, yang gue rangkai menjadi sebuah tulisan, dengan segala keunikan dan sentuhan humor ala seorang Deden Senjaya Putra yang ceplas-ceplos tentunya, untuk dibaca dan semoga disamping niat baik gue untuk menghibur kalian, tulisan gue juga bisa berguna dan jadi inspirasi untuk kalian. Temen-temen semua, para pembaca setia tulisan gue dari dulu hingga sekarang atau kalian yang baru kenal gue. Jujur, gue sangat sangat bersyukur. Tanpa kalian gue ga akan ada apa-apanya loh. I'm so serious. :)

Duh kok jadi ngehe gini ya. Kesannya tuh kayak seorang pendosa yang secara bertahap mencoba untuk menghapus segala dosa-dosanya. Pakai omongan aja ga cukup, tapi kudu dengan perbuatan. Dan itu lah yang sedang gue lakukan.


*****

Ya, jadi inti dari tulisan panjang lebar yang sebenernya ga ada gunanya untuk memajukan kesejahteraan masyarakat indonesia, gue kembali nge-blog, kembali memulai semuanya apa yang dengan bangsatnya gue tinggalin dulu dari awal (lagi). Dan untuk kalian yang mungkin bertanya-tanya kemana blog dan tulisan gue yang dulu-dulu, ya ini, ini adalah blog gue yang dulu, yang sekarang berganti alamat, template, dan nama tentunya. Tulisan yang dulu-dulu gue kembalikan ke draft. Tenang, gue bakalan nulis yang lebih seru lagi kok.

Gue sangat berharap feedback yang baik dari kalian dan juga butuh kritik serta  saran dari kalian, apapun itu, pasti bakalan ngebuat gue jauh lebih baik dari sebelumnya. Pasti. Semoga.

Ohiya, gue udah ga main banyak sosial media lagi nih kayak dulu, sekarang gue cuman aktif di instagram dan facebook, kalian bisa follow Instagram gue! (@dejavuisme) dan untuk facebook, gue cuman suka nge-cek message yang masuk doang karena berbentuk fanpage, kalian bisa Like Fanpage FB gue!. Jadi kalo kalian ada keperluan, endorse, business atau apa gitu, selain lewat email, kalian juga bisa hubungin gue ke IG atau FP gue ya. Jangan sungkan-sungkan apalagi gengsi. :))

Finally, di akhir tulisan ini, gue selaku penulis dari @dejavuisme's blog mau bilang semoga kalian enjoy sama blog ini, khususnya sama tulisan yang ada di dalamnya. Mungkin kalo yang udah kenal lama sama tulisan gue pasti tau, tapi untuk yang belum tau, gue kasih tau kalo segala tulisan gue emang tanpa sensor sedikit pun, dari mulai dasar sampai ke joke-nya tuh emang ceplas-ceplos, kasar, kurang terpelajar dan (memang) kurang ajar. Tapi apadaya, gue ga bisa berpura-pura untuk menulis tulisan yang baik (Dalam konteks: "Terpaksa baik"), karena gue tipe penulis yang apa adanya dan ga memperdulikan kalo itu baik apa engganya, yang terpenting itu adalah tulisan yang gue tulis dari kegelisahan yang ada di otak, di  rundingkan melalui hati dan dituangkan dalam bentuk tulisan. Itu mungkin yang nge-bedain gue sama blogger lainnya. Gue harap kalian mengerti ya hehe, khususnya untuk kalian yang baru kenal gue, semoga suka ya sama tulisannya.

And last, sekali lagi gue berharap kalian suka sama segala yang ada di blog baru sederhana ini, kalo misalkan ada yang ga kalian suka, ada masukan, mau curhat atau apa gitu, jangan sungkan untuk kirim email ke gue ya, gue pasti bales, udah gue sediain juga box emailnya kok di samping kanan. 

Semoga dengan terlahirnya blog baru gue ini, gue semakin semangat untuk nge-blog dibanding sebelumnya dan tentunya semakin gila dalam membuat tulisan-tulisan lainnya. Do'a-kan saja ya. *Sujud-sujud*


Thank you so much for you. Always have a nice day. Love you all! :)

30 komentar:

  1. Gila aja 2 taun ga ngeblog. Ngebokep mulu sih jadi rusak tu laptopnya. Tulisannya bagus, cm lebih bagus ga pasang foto elu bang. Gue jadi telat dateng bulan ni liatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. The power of "Karma" haha. Thanks ya, tulisan lo juga bagus. Astagfirullah, sampe segitunya efek foto gue. =))

      Hapus
  2. Ciee nge-blog lagi setelah ngilang bertaun-taun.

    Tetep dan makin keren aja nih kak nulisnya!
    Aku pembaca tulisan kak deden dari dulu loh. Cepet nge-post banyak lagi ya kak. Ditunggu. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuih, amin.
      makasih ya sebelumnya udah setia sama tulisan gue. Siap, pasti. Tenang aja. :)

      Hapus
  3. Udah 2 tahun ga nge-blog? paraaah. Tapi tulisannya tetep bagus, oke bikin iri FIX!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya begitulah hehe hehehe, kacau emang. Thanks ya. :)

      Hapus
  4. menanggapi mentions lo. Mahasiswa musti doyan nulis, nulis jurnal dan nulis blog juga pastinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi bro! Gue juga lagi menerapkan disiplin menulis. :-d

      Hapus
  5. 2 tahun engga ngeblog
    itu gimana rasanya
    terus kesibukan selama 2 tahun itu apa?
    terus gimana perasaan fans2nya ketika tw anda tidak ngeblog saat itu?
    adakah seseorang yg mengilhami perjalanan anda selama ngeblog?
    apa perasaan kembali ngeblog itu sama kayak pertma kali ngblog?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, bapak setiawan, jadi begini penjelasan supernya... oke skip! Ini gue serasa di interogasi masa hahaha.

      But, if you read from beginning to end, you will definitely know :)

      Hapus
  6. Den bagus.. Den bagus.. ngilang kok lama bener

    BalasHapus
  7. LO GILA, DEN! Dua tahun lo sia-siain pembaca setia lo? LO GILA MEN, GILA! Pembaca setia aja lo sia-siain, apalagi pacar :')
    Ehem, memang ini kunjungan pertama gue ke blog ini. Tapi gue suka sama gaya menulis yang lo terapin. Ceplas-ceplos gitu. Sempat kepikiran buat nerapin ide ini ke blog gue, tapi sayangnya, blog gue diketahui oleh sanak saudara! Gue jadi gak bisa ngeluarin kebun binatang di blog gue! Fakuy lah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks ya bro!
      Blog gue lebih parah malah. Di baca temen-temen, keluarga, guru waktu sekolah sama dosen juga. Tapi ya allhamdulilah meskipun banyak kena marah karena buka-bukaan aib dan tulisannya kurang ajar, ada pro dan kontranya, lebih banyak respon positifnya sih. :-d

      Hapus
  8. ciiee celebek lagi sama blognya~
    semangat ngeblognya kakak~~

    BalasHapus
  9. tulisannya panjang yaaa kek anu ehh maksudnya dia yang ngga kunjung datang, opo iki. emang udh keliatan dr tulisan yg panjang ini aja saik banget gimana2 yg kmrn2 dan bsk2.

    BalasHapus
  10. Baru pertama main ke blog kamu dan senengnya liat blogger ganteng yang tulisannya keren parah kayak kamu gini. Semangat terus ngeblognya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuah berlebihan itu, But thanks ya. Kalo di puji-puji gitu mah pasti semangat hahaha. :-)

      Hapus
  11. walaupun udah lama ngak ngeblog tapi tulisan kamu keren bro..
    kunjungaan pertama nih, tetap semangat bro :v

    BalasHapus
  12. Salam kenal, Kung. Gua Ilham dari Jakarta. Makin rajin nulisnya, Oke? Wkwkwk.

    BalasHapus
  13. Hai kung. Kapan ngeposting lagi?

    BalasHapus
  14. Kunjungan pertama nih. Tulisan pembuka (--setelah 2th hiatus) boleh juga! Ditunggu ya postingan selanjutnya!

    BalasHapus
  15. Anjirrr.. dua tahun ga ngeblog tulisannya masih enak banget dibaca ><
    lah gua, setahun ga ngeblog udah kaya orang bego, bingung mau nulis apa, bingung mau mulai dari yang mana >< Bisa kali den, tips nyaa! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha bisa aja lau, sama-sama belajar nulis lah bro. Tipsnya? berpikir 'out of the box' dan minum air putih yang cukup. :d

      Hapus
  16. Waaah sama. Udah lama gak ngeblog. Tapi selama gak ngeblog gue nulis di tempat lain sih. Bedanya yang paling jauh adalah, lo gak ngeblog banyak yang nyariin. Gue gak ngeblog gak ada yang nyariin. :(

    Cariin gue dong!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue udah cari lo, lo nya malah ngejauh mulu, kek yang punya utang aja. =))

      Hapus
  17. wadaw ganteng uga, mau dong dititipin absen. eh hati deh. wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan hati deh, nanti kalo patah.. gimana?

      Hapus
  18. Seru ya, lama ga ngeblog banyak yang nyariin :"D
    *prok prok prok*

    BalasHapus