12/03/16

CINTA DAN PATAH HATI / HAL #4 : Kesempatan Yang Pantas

"Tuhan akan memberikan balasan dari segala apa yang hambanya perbuat..."


EPILOGUE


Dalam hubungan gue dan sinta, gue menyadari kalo sepenuhnya bukan salahnya sinta. Gue coba ambil hikmah dari semuanya dan akhirnya, gue menemukan satu jawaban. Gue juga salah. Sebelum sama sinta, udah banyak cewe yang hatinya patah karena gue, dan mungkin Tuhan mengirim sinta untuk memberi pelajaran kepada gue bahwa 'Karma itu ada'. Ya, seorang cowo yang bertaun-taun mainin perasaan cewe sekarang malah di mainin balik perasaannya sama cewe. Lucu emang.

Dan semua kembali seperti biasa semenjak saat itu. Beberapa waktu setelahnya, sinta memposting foto bersama cowo asing dengan caption emoticon love di instagram. Sinta keliatan bahagia di foto itu. Dan tentunya, sengaja gue like sebagai tanda turut berbahagia juga. Tapi tanpa alasan yang jelas, tiba-tiba sinta nge-delete gue dari kontak BBM, nge-unfollow di instagram, dan ganti akun line. Ini orang kenapa sih, pikir gue. Gue cuman bisa ketawa liat kelakuan sinta sampe segitunya. Sampai sekarang kita ga pernah saling kontekan lagi, ya, mungkin karena gue udah tau banyak soal kelakuannya yang ga bener, makanya dia kayak gitu karena ga ingin gue lebih banyak tau kali ya. Tapi yang jelas, gue udah ga peduli lagi. Biarlah dia dengan kehidupannya sendiri dan gue pun dengan kehidupan gue sendiri. 

Lalu bagaimana kelanjutannya sekarang? 

Gue dan sinta tentunya tidak berjalan berdampingan lagi. Kita memilih untuk berjalan masing-masing, ke arah  dan tujuan berbeda.


Semuanya kembali ke titik awal lagi. Kita jadi seperti orang asing bagi satu sama lain dan itu adalah jalan tengahnya. Meskipun gue berada dekat di sampingnya, gue akan coba untuk ga peduli. Bahkan ketika dia melihat gue dengan jelas, gue akan pura-pura ga melihatnya, meliriknya, ataupun menggenggam tangannya. Begitu juga mungkin dengan sinta. Karena gue tau itu yang di inginkan sinta, dan lagi, kebahagiaan sinta bukan berada di diri gue tapi di orang lain. Dan gue pun harus menemukan kebahagiaan yang lain, di orang yang lain dengan cara gue sendiri. Meski awalnya memang sulit, tapi seiring berjalannya waktu gue makin terbiasa dengan hal ini.


Bagi gue, semua ini adalah resiko dari menjalin hubungan. Dan setelah mengakhiri semuanya, seperti halnya gue dan sinta, rata-rata alur dari semua hubungan pasti sama...

Stranger -> Friend -> Best Friend -> Love -> Boy Friend / Girl Friend -> Heartbreak -> Stranger

Mengenaskan memang.

*****

Hari-hari gue sudah kembali seperti semula. Gue bergaul lagi sama temen-temen yang dulu mulai gue jauhin karena sinta dan kembali menjadi diri gue yang sebenarnya. Tapi ada satu hal yang berubah sejak saat itu, gue jadi ga banyak main-main lagi sama perasaan wanita. Yah, meski pada akhirnya gue selalu gagal untuk jatuh cinta, bukan berarti gue menyerah. Saat ini gue hanya belum mau mengulangi kesalahan dalam menjalin hubungan. Iya, belum.


Ohiya, setelah lulus sekolah, sekarang gue udah kuliah jurusan Manajemen di salah satu Universitas Swasta ternama di Kota Bandung. Menurut gue, dunia kuliah adalah awal dari semuanya. Awal pembelajaran sesungguhnya dan awal penderitaan. Ya, awalnya emang santai tapi makin kesini makin rusuh. Tapi gue tetap bersyukur, karena gue di tuntut untuk menjadi rajin dan bertanggung jawab karenanya. Itu membuat gue jadi ga males-malesan lagi dan berpikir dulu sebelum bertindak. Intinya, gue banyak merubah perilaku buruk ke arah yang lebih baik semenjak memasuki dunia kuliah.


Mungkin ada yang penasaran dengan kabar sahabat gue, Aldi?



Aldi sekarang melanjutkan juga ke jenjang kuliah di UIN Bandung, ga jauh dari tempat tinggal gue. Meskipun udah ga bisa barengan terus, kita kadang masih suka ketemu, kalo ga gue yang nginep dirumahnya, ya, dia yang nginep di rumah gue. Dan kabar yang lebih baiknya, Aldi sekarang udah ga jomblo lagi dong, karena udah ada Annisa, pacarnya. Annisa adalah temen satu kampus Aldi, mereka jadian waktu awal perkuliahan dan sampai saat ini, hubungan mereka udah jalan 6 bulan. Jujur gue iri. Tapi sebagai sahabat yang baik, gue mendoakan supaya mereka bisa langgeng dan selalu baik-baik aja. Dan dengan itu, gue rasa Aldi ga akan banyak mengeluh lagi deh soal ke-ngenes-annya di dunia percintaan.

'Dear Aldi: Lo ga tau aja sebenernya dari dulu sampai sekarang, lebih ngenes gue tau daripada lo. Tapi, dari hati sahabat yang paling dalam, semoga lo bahagia selalu. Amin.'

Terus bagaimana dengan 'Pencarian Cinta'-nya gue?

Di dunia yang baru ini (baca: kuliah), meskipun title "Playboy" dan "Brengsek" masih belum hilang dari jidat gue, tapi, gue yang sekarang lebih di kenal sebagai seorang "Jomblo". Gue menikmati dan menjalani hari-hari sebagai seorang jomblo, dan ternyata, itu ga terlalu buruk juga. Gue yang sekarang jadi ga terlalu deket lagi sama cewe-cewe dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk main sama temen-temen cowo. Bahkan, gue sengaja mengumbar image buruk supaya ga banyak cewe yang coba ngedeketin gue. Dan sejauh ini, itu berhasil. Ya, meskipun tetep aja ada cewe yang suka sama gue (katanya).


Tapi, bukan berarti gue ga mau mencari cinta lagi, gue cuman ga mau terlalu terburu-buru aja. Ya tujuannya sih supaya gue ga mengulangi kesalahan yang dulu-dulu dan nantinya ada yang bisa nerima gue apa adanya. Gue tetep berusaha kok untuk dapetin yang namanya cinta, cuman ya emang belum di pertemukan aja, mungkin. Pertanyaannya:


Setelah semua kebrengsekan yang telah terjadi, apa gue pantas untuk mendapatkan kesempatan kedua?


Rabu, 30 Desember 2015

"TUNG!!!"

Di tengah-tengah gue lagi asik main game Line Get Rich, tiba-tiba ada line yang masuk. Siapa sih yang nge-line tengah malem gini? ganggu aja. Gue pun keluar dari game dan membuka line yang masuk.


AYU
Hi, ka. Addback dong. Ini aku, Ayu, adik kelas kaka waktu SMP. Masih inget kan?

Setelah membaca line-nya, gue pun meng-zoom profile picture-nya dan coba flashback ke masa sekitar 4 tahun yang lalu saat masih SMP. Setelah lama mikir, akhirnya gue inget juga. Engga, ga mungkin. Ayu yang dulu sangat-sangat biasa aja, sama sekali ga menarik, pendek, rambutnya sepundak, kayak dora lah. Tapi, sekarang kok bisa jadi cantik banget gini. Lalu gue balas dengan rasa penasaran.



Deden Senjaya 
Done ya. Ohiya, inget kok. Tapi ini beneran ayu? agak beda sih soalnya...


AYU 
Thanks ya kak. Hahaha ya iyalah ini aku, perasaan kaka aja kali karena udah lama ga ketemu. 
Aku ganggu ga?

Gue dan Ayu pun lanjut chattingan bahkan sampai video call karena kita sama-sama penasaran. Dan ternyata emang beneran Ayu. Bedanya, sekarang rambut dia jadi panjang, agak tinggian dan badannya keliatan mulus, beda 180 derajat sama yang dulu pokoknya. Mungkin waktu dulu dia ga ada pikiran untuk pergi ke salon kali ya, ga kayak sekarang. Ayu juga bilang kalo gue jadi beda, katanya gue yang sekarang jadi keliatan lebih dewasa karena rambutnya ga berjambul lagi dan ada kumis tipisnya. Kita pun ketawa karena saling ngeledek diri kita yang dulu beda jauh sama sekarang. Gue yang lagi susah tidur malam ini jadi ga ada mood untuk main game karena udah ada Ayu yang mau nemenin.


Jam menunjukan pukul 01.00 pagi. Ga kerasa gue dan Ayu udah video chattingan selama ini. Karena udah sama-sama ngantuk, kita pun mengakhiri chattingan untuk malam ini. Entah kenapa kebiasaan gue untuk mesem-mesem kumat lagi. Dan yang gue mesem-mesemin sebelum tidur itu ternyata Ayu. Mungkin ga ya Ayu mesem-mesemin gue juga, pikir gue dalam hati. Sejenak gue merenung...


Apa Ayu adalah candu yang baru?



*****

Semenjak mulai kontekan lagi sama Ayu, dari situ kita jadi sering chattingan. Kadang ketika lagi asik chattingan gue merasa berdosa karena dulu waktu SMP, Ayu pernah deketin gue sampe minta bantuan temen-temennya, dan kampretnya, malah gue abaikan gitu aja. Jahat emang. Tapi sekarang, cuman dengan chattingan sama Ayu, gue di buat senyum-senyum sendiri. Dan dari seringnya chattingan itu, akhirnya seminggu kemudian kita ketemuan.

Waktu pertama kali gue dan Ayu ketemu, awalnya kita sama-sama canggung, tapi dengan kebiasaan gue yang kalem dan suka becanda, Ayu jadi ga ngerasa canggung lagi. Gue dan ayu pergi ke mall, kita ke bioskop terus lanjut makan siang. Biasalah, pendeketan pertama emang kudu jalan ke tempat yang gaul-gaul gitu. Dan ya, setelah hari itu, kita udah beberapa kali jalan lagi juga. Mulai dari nganterin dia ke salon untuk potong dan warnain rambut, jemput dia pulang sekolah terus makan siang bareng, sampai bantuin dia ngerjain PR di kafe. Rasanya gue suka sama Ayu deh, dan sepertinya Ayu pun punya perasaan yang sama.


Sabtu, 23 Januari 2016

Kedekatan gue dan Ayu udah sekitar 1 bulan-an. Awalnya gue ngerasa nyaman, gue kira kalo dengan Ayu gue bisa berubah, pengennya sih gitu, ternyata engga. Entah kenapa, kebiasaan gue yang "Gampang bosen sama sesuatu" tiba-tiba muncul, dan sialnya.... itu terjadi ke Ayu. Iya, gue bosen sama Ayu. Gue bener-bener bingung sekarang ini gue harus gimana dan berbuat apa, tapi yang jelas, gue ga boleh sampe bikin dia sakit hati atau apalah. Masalahnya, apa gue bisa?

Malam ini, setelah sebelumnya tadi siang di telepon Ayu, katanya dia ngajak ketemuan sama gue. Karena Ayu lagi ngerjain tugas kelompok di rumah temennya, kita janjian langsung di Waroeng Steak daerah dipatiukur jam 7 malam sekalian dinner gitu katanya. And you know what? Dari pengalaman gue, biasanya kalo cewe yang lagi deket sama kita terus ngajak ketemuan terkesan tiba-tiba, biasanya itu si cewe mau nagih 'Kepastian' dari hubungannya itu. Dan gue yakin, Ayu pasti nagih itu ke gue. Gawat. Mana gue belum bikin rencana lagi.

*****

Sekitar jam 7 malam gue sampai di WS. Gue cek HP dan ada line yang masuk dari Ayu, 10 menit yang lalu, katanya dia udah nungguin gue di tempat makan yang bagian di halaman belakang. Gue pun segera masuk dan mencari Ayu. Gue masuk dan dari kejauhan ngeliat Ayu, lalu gue menghampiri dia. Ayu berdiri menghadap dan tersenyum ke arah gue. Malam ini, ayu terlihat sangat cantik dengan rambutnya yang di cepol, rok putih se-lutut dan memakai sweater berwarna blue black.

Gue : Eh sorry, nunggu lama ya?
Ayu : Engga kok, aku disini juga baru 10 menit-an. Aku nya aja yang kecepetan deh hehe
Gue : Kirain aku telat. Kamu kesini sama siapa?
Ayu : Aku tadi kesini sendiri, naik taxi. Habisnya tadi minta anterin temen malah gerimis, sih. Kamu di jalan ga keujanan kan?
Gue : Engga kok, ga keujanan..
Ayu : Bagusdeh kalo gitu. Pesen dulu yuk, aku laper nih, kamu juga pasti laper kan?
Gue : Tau aja aku belum makan hahaha..

Lalu kita pun memesan makanan yang tertera di menu. Gue pesen tenderloin double, sedangkan Ayu pesen sirloin dan untuk minumannya, kita sama-sama pesen Es teh manis hangat. Selagi menunggu makanan-nya siap, Ayu cerita tentang gimana aja yang dia lakuin hari ini terus juga dia curhat tentang banyak hal. Yang harus kalian tau sebagai cowo, cewe itu kalo lagi cerita heboh sendiri ga perlu terlalu di tanggepin, cukup di dengerin, di anggukin dan di senyumin, seperti yang gue lakukan ke ayu. Sesekali gue tertawa kecil ngeliat Ayu yang lagi heboh cerita. Saat gue tertawa, Ayu tersenyum. Manis banget.

Makanan yang di pesan pun tiba. Gue dan Ayu berhenti ngobrol dan mulai menyantap makanannya. Di sela-sela menikmati makan malam, gue liat Ayu sesekali mandang dan senyum ke gue, gue cuman bisa balik senyum ke dia sambil bilang "Kenapa? Aku rakus ya makannya?" terus dia bilang "Engga kok, suka aja ngeliat kamu" terus kita lanjut makan lagi. Gue khawatir dengan apa yang akan terjadi setelah ini.

Selesai makan di WS, Ayu ngajak gue ke sebuah taman yang ga jauh dari WS, gue pun meng-iya-kan ajakannya meski malam ini bener-bener dingin. Kita mampir dulu ke supermarket untuk beli cappucino hangat. Singkat cerita, gue dan ayu pun sampai di taman yang di maksud. Untunglah malam ini taman-nya sepi, jadi gue dan ayu bisa duduk berhadapan di sebuah ayunan seperti yang ada di TK-TK. 


Ayu : Sekarang kamu dong yang cerita, pasti seru.
Gue : Iya deh, giliran aku ya..

Terus gue ceritain tentang gimana kejadian di kelas waktu kemaren ulangan. Ayu ketawa-ketawa terus pas gue ceritain gimana kelakuan goblok gue mengatasi ulangan-ulangan.

Gue : ... Kan ulangannya susah tuh. Yaudah aku ijin bulak-balik ke WC aja, bilang aja lagi diare ke dosennya, biar bisa liat contekan yang aku foto sebelumnya di HP..
Ayu : HAHAHAHA ada-ada aja ya parah ih, gitu banget masa. Bodo ih. Belajar makanya jangan nyontek mulu wleee!

Malam ini ayu keliatan seneng banget, rasanya waktu seakan berhenti ketika Ayu menebar banyak senyum di wajahnya yang cantik. Seketika lamunan gue terhenyak pas ayu megang tangan gue. Tangannya seperti kedinginan. 
Tanpa banyak basa-basi lagi gue lepas jaket dan langsung gue pakein ke dia untuk nutupin badannya. Sekarang ayu jadi lebih hangat.

Ayu : Terus kamu gimana? ga dingin emang?
Gue : Udah, yang penting kamu jangan sampe kedinginan. Aku kan pake lengan panjang..
Ayu : Makasih. Emm.. aku boleh ngomong sesuatu ga sama kamu?
Gue : Boleh, ngomong aja..
Ayu : Aku... aku nyaman, maksudnya setelah aku deket sama kamu, aku ngerasa nyaman dan aku suka sama kamu. Kalo kamu gimana?

Hal yang gue khawatirkan bener-bener terjadi. Kita sama-sama berdiri dari tempat duduk, sekarang kita saling berdiri berhadapan. Tatapan mata Ayu menunjukan kejujuran, seketika gue teringat dengan Sinta. Gue ga bisa menebak kalo perasaan Ayu sekedar suka atau emang tulus, tapi apapun itu, gue udah ga ada perasaan apapun lagi sama Ayu. Masalahnya, kalo gue coba bertahan dan menerima Ayu di samping gue dengan tanpa sepenuh hati, ini cuman akan jadi 'Pelarian', kejadiannya akan sama seperti yang gue alamin dulu bersama Sinta dan gue ga ingin itu sampai terjadi lagi. Gue harus akhiri ini sekarang sebelum semuanya lebih buruk. Iya, harus.


Gue : Aku ga tau harus ngomong apa. Sebelumnya aku minta maaf banget, awalnya emang aku suka sama kamu, tapi, ga tau kenapa perasaan itu mulai memudar..

Ayu : Maksud kamu?
Gue : Sebenernya aku mau akhiri ini semenjak aku ngerasa kalo perasaan aku mulai hilang, tapi aku ga enak sama kamu. Aku hargain perasaan kamu dan aku terimakasih banget sama itu semua. Tapi aku ga bisa kalo cuman jadiin kamu sekedar pelarian aku doang..
Ayu : Jadi selama ini kamu cuman mainin aku, gitu? kamu jahat ya, sumpah ya aku ga nyangka loh... 
Gue : Sumpah demi apapun aku ga ada niatan untuk mainin perasaan kamu. Aku emang jahat karena udah bikin kamu kecewa, tapi ini bukan keinginan aku. Kamu pantes dapetin kebahagiaan yang kamu mau, tapi sayangnya itu bukan di aku. Ayu...

Dari mata Ayu tiba-tiba keluar tetes-tetes air mata. Dia pun melepas jaket yang tadi gue pakein dan memberikannya sambil menangis. Dan.... "PLAK!!!", Ayu menampar pipi kiri gue dengan kerasnya. Gue bener-bener kaget.


Ayu : Makasih ya buat semuanya. Mulai sekarang aku bakal hapus semua perasaan aku ke kamu, jadi kamu ga usah coba buat bikin aku jatuh cinta lagi sama kamu..


Dengan nada terengah-engah, Ayu menelepon temennya untuk ngejemput dia. Gue udah bilang kalo gue yang bakal nganterinnya, tapi dia ga mau dengerin. Ayu memalingkan wajahnya dari gue dan berlari ke arah ujung jalan meninggalkan taman. Karena khawatir, gue menahan dengan memegang erat tangannya. Gue melihat dengan jelas beberapa menit yang lalu wajah Ayu sangat cantik dipenuhi dengan senyuman, tapi sekarang, wajahnya di penuhi kesedihan dan air mata. Dia menahan tangisannya dengan menutupi wajahnya. Gue pun merangkul dan membiarkan Ayu menangis di pelukan gue.


"Sebenernya aku ga mau liat kamu nangis. Tapi, kalo itu bisa buat kamu jadi jauh lebih baik, kamu nangis aja, biar aku yang nanggung semua air mata kamu"


Selagi Ayu menangis di pelukan, gue menjelaskan lebih detail kenapa gue ga bisa menjalin hubungan yang dekat lebih jauh dengan dia. Gue cerita tentang masa lalu gue dulu bersama Sinta. Bagaimana awalnya gue coba memaksakan diri untuk bertahan, bagaimana gue yang mulai terbiasa dengan paksaan itu, bagaimana gue yang udah mulai jatuh hati sama sinta tapi ujung-ujungnya kita putus karena gue cuman di jadiin pelariannya sinta doang, dan akhirnya, kita menjadi orang asing satu sama lain.


"Aku harap kamu ngerti. Aku ga mau kalo kita berakhir kayak gitu, makanya, sebelum semuanya terlanjur, aku akhiri aja sekarang. Aku tau kamu pasti marah banget, tapi aku yakin kalo kamu lebih baik dari sinta dan kamu juga pasti dapet cowo yang jauh lebih baik daripada aku. Kamu percaya sama aku, setelah ini, kamu pasti bahagia. Pasti."


Kita pun sama-sama terdiam dalam pelukan. Lalu, Ayu melepaskan diri dari pelukan dan mulai menghapus air matanya dengan tisu yang di ambil dari tas kecilnya. Saat ini gue lega karena Ayu ga menangis lagi, ya, meskipun nadanya masih terengah-engah.


Gue : Kamu masih marah? aku siap kok kalo harus di tampar lagi..

Ayu : Engga kok. Maafin aku juga ya. Aku egois cuman mikirin perasaan aku sendiri tapi ga mikirin perasaan kamu..
Gue : Kamu ga harus minta maaf, ga ada yang salah dari kamu, semua kesalahan ada di aku. Jadi, mulai sekarang bisa kita ulangi semuanya dari awal.. jadi teman mungkin?
Ayu : Pasti bisa dong. Kita kayaknya emang harus temenan aja.

Gue bener-bener sangat lega. Gue dan Ayu pun membuat janji dengan jari kelingking kalo setelah ini kita tetep berteman. Ga lama, temennya Ayu pun dateng dengan memakai motor matic berwarna merah. Gue bilang kalo duluan aja soalnya gue masih mau disini. Ayu dan temennya pun pamit dan meninggalkan taman, sekilas, gue lihat Ayu tersenyum. Sekarang di taman cuman gue sendirian. Gue pun duduk dan menyalakan sebatang rokok.




'Alasan orang merokok adalah untuk melihat desahan mereka sendiri'


Ketika merokok, gue melihat melalui asapnya semua keluh-kesah gue memudar seiring dengan setiap desahan yang gue hempaskan ke udara. Semua nikotin yang gue hisap menjadi candu dan mengalir di seluruh sel tubuh. Gue merasa lega. Semakin banyak desahan yang kita keluarkan, semakin banyak asapnya. Tapi sayangnya itu hanya sesaat, setelahnya, semua normal kembali. Kita hanya harus terus menghisap dan menghempaskan. Maka dari itu, banyak orang yang tidak mau berhenti merokok.


Dan tamparan Ayu, tamparannya masih sangat terasa, membekas merah di pipi kiri gue, membuat telinga agak berdenging karenanya. Masih gue ingat jelas juga bagaimana dia menangis di pelukan gue. Dulu, guru agama gue pernah bilang "Ketika laki-laki menyakiti wanita, maka setiap air mata yang jatuh dari wanita akan menjadi cambukan bagi laki-lakinya". Entah udah berapa tetes air mata wanita yang jatuh karena gue, entah gue akan di cambuk berapa kali di akhirat nanti. Tapi yang jelas, gue bersyukur karena kalo itu sudah ketentuannya, itu memang sangat pantas untuk gue.


Tapi, setidaknya kali ini gue melakukan hal yang benar. Mengakhiri hubungan secara baik-baik dan membiarkan seseorang melanjutkan kebahagiaannya yang tertunda karena gue, ya, meski itu artinya gue menyia-nyiakan kesempatan kedua untuk menjalin hubungan. Di samping itu, gue akan lebih bahagia kalo seseorang yang seharusnya ga di samping gue bersama orang yang tepat. 



******

Gue sadar kalo gue cuman seorang bodoh kelas berat, anak yang masih angin-anginan, brengsek dan terlalu naif. Gue lebih sering menghargai sesuatu setelah sesuatu itu udah ga ada. Tuhan sudah memberikan kesempatan berkali-kali untuk gue menjalin hubungan, tapi sayangnya, entah kenapa selalu saja gagal. Terkadang gue berpikir mungkin selama ini Tuhan selalu mempertemukan gue dengan orang yang salah. Lebih jahatnya lagi, gue merasa Tuhan 'sedikit' ga adil sama gue.

Tapi, setelah gue merenung, memutar kembali semua sekuen-sekuen yang selama ini gue alamin, akhirnya, gue menemukan alasan kenapa Tuhan mempertemukan kita dengan orang yang salah sebelum mempertemukan kita dengan orang yang tepat. Tuhan mempertemukan kita dengan orang yang salah karena pertemuan dengan orang yang salah akan memberikan banyak pelajaran berharga, agar kita menjadi penilai yang baik, mengutip pengalaman yang tak semua orang berpeluang untuk mengalaminya. Dan sebenarnya, Tuhan sengaja mempertemukan kita dengan orang yang salah, kenapa? agar suatu saat nanti, saat dimana kita di pertemukan oleh orang yang tepat, masih ada rasa syukur kita pada setiap ketentuan-Nya. 'Tuhan memang selalu adil'.


Meskipun selama ini gue selalu gagal dalam hal pencarian cinta dan selalu menyia-nyiakan kesempatan, tapi gue yakin, suatu saat nanti pasti akan bertemu orang yang tepat. Yang harus gue lakuin adalah jangan berhenti untuk berdoa dan berusaha.

Dan ya, kesempatan akan selalu ada... kalau memang gue pantas mendapatkannya kembali.

Oh, damn. Here we go again!



The End.

27 komentar:

  1. Bagus deh kalau habis putus sama sinta kamunya jadi lebih baik dalam urusan hati, itu kabar baik yg aku tangkep dari postingan kamu ini. Yg namanya kegagalan cinta tuh ada 2 pilihan, kamu mau jadi bener karena belajar dari masa lalu, atau kamunya jadi buruk karena mau balas dendam atas masa lalu. Bagaimanapun sekarang, kita belajar terus buat memantaskan diri, biar jodoh buat kita nantinya baik juga

    BalasHapus
  2. Sungguh sebuah cerita yang dramatis. Gue mau nangis salah, Gue mau ketawa salah. Memang lo bener-bener udah berubah dan belajar keras dari masa lalu. Pilihan yang tepat ketika lo harus memberitahu dia yang sebenarnya. Karena diantara dua pilihan itu, ujung-ujung tetap akan nyakitin sih Ayu. Serba salah lah pokoknya.

    Sesuatu saat nanti lo akan menentukan jodoh yang tepat dari Tuhan. Kalau pun lo masih menemukan orang yang gak tepat, berarti lo masih disuruh belajar dari masa lalu.

    BalasHapus
  3. Keren nih, ceritanya detail dan terbuka banget bro..
    Nyantai aja bro, semua kisah pasti punya akhir..
    Begitupun dengan kisah cinta..

    Kalau kata Pidi Baiq, kita pacaran tuh tujuannya pasti buat putus, kalau ga karena berpisah, berarti karena menikah..

    Jangab lupa bahagia bro!

    BalasHapus
  4. Bener kata-kata lu tentang jangan jadiin cewe sebagai pelarian. Gua sendiri pun pernah bikin kesalahan buat seorang cewe sebagai pelarian setelah gua putus. Akhirnya ga enak juga dengan 'dia' yang udah dibohongi. Lebih baik jadi temen selamanya daripada harus jadi pacar tapi hanya sesaat. Sumpah dulu pernah nyesel banget.
    Keputusan lu udah bener, supaya hubungan pertemanan kalian ga putus.

    BalasHapus
  5. hehe, yang sabar aja broo. setelah putus dari Sinta, pasti ada pengganti yang lebih baik kok.

    setidaknya kan kamu bisa belajar dari kesalahan kenapa dulu nyia-nyiain cewek. dan dari hikmah tersebut nanti kedepannya kamu bakalan nggak ngecewain cewek lagi gitu.

    BalasHapus
  6. emang mereka belum jodoh lo kali,percayalah tuhan sudah menyiapkan jodoh yang lebih dari mereka

    BalasHapus
  7. Entah, banyak banget yg gw dapet dari cerita ini. Tentang memilih mengakhiri sebelum semuanya terlambat, tentang jujur sama diri sendiri tentang pelarian, rentang filosofi cowok ngerokok jg gw dapet
    Kalo sempat gw baca cerita part sblum2nya, kyknya seru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bro, part-part sebelumnya kan bisa baca di postingan sebelumnya. Kalo baca dari awal-akhir, pasti dapet tujuan dan maksud dari ceritanya.

      Hapus
  8. Yah.. kirain bakalan jadian sama ayu, ternyata ngga. Bener-bener salut sama cowo yang pantang menyerah, bertanggungjawab, dan ingat kepada Tuhan. Semoga segera di pertemukan dengan orang yang tepat. Amin!

    Aku baca dari awal-akhir, banyak sukanya banyak juga dukanya. Yang jelas banyak banget pelajaran yang bisa di ambil dari ceritanya, jadi ga bosen baca ceritanya berkali-kali juga. Terimakasih udah menulis cerita ini. :)

    BalasHapus
  9. Ya baguslah kalau lo menyadari hal tersebut sebelum terlambat. Sebelum si Ayu tersakiti. Sebelum kejadian-kejadian di masa lalu bersama Sinta terulang kembali. Gue mendapat banyak pelajaran dari kisah percintaan lo ini, Den. Terima kasih :)

    BalasHapus
  10. Memutuskan untuk putus dari suatu hubungan itu emang awalnya menyakitkan. Tapi perlahan waktu mengejar, kita sudah pasti terpikir bahwa hidup harus terus berjalan. Kita gak boleh terus memikirkan hal yang sudah usai.

    Tetapi kalo ingin memulai lagi, kalo kata HiVi, Siapkah kau tuk jatuh cinta lagi? :) Semoga cepet dapet pengganti :p

    Semangat dalam menjalani harinya bang

    BalasHapus
  11. Semoga tetap bisa menjalin hubungan yang baik sama Ayu bro, bagus dah lo udah bikin keputusan yg menurut lo itu baik. Mengakhiri sebelum semuanya terlalu jauh.
    Tapi jangan terlalu banyak mikir di hubungan2 selanjutnya, biar ga kelamaan jomblo. Hahaha :v

    BalasHapus
  12. Sebelum baca ini dari awal hingga akhir saya sempat scroll ke bawah, karena panjang saya kira awalnya cerpen. Ternyata pengalaman cintamu ya? Detail dan terbuka, ngga banyak yang berani sepertimu ini pastinya.

    Keputusanmu buat jujur sama Ayu saya rasa adalah jalan yang terbaik, juga buat cewe lain yang mungkin mengharapkan hal yang sama dari kamu di masa mendatang. Karena ... yah, cewe memang mudah terbawa perasaan, merasa diberi harapan. Kepastian seperti itulah yang mereka butuhkan. Kalau hatimu belum siap lebih baik katakan.

    Oh ya, semoga setelah jatuh bangun ini kamu segera dipertemukan dengan dia yang sudah ditakdirkan untukmu. :)

    BalasHapus
  13. wawww...... banget ceritanya ini.. jodoh sudah di atur sama Allah,... tapi juga harus di dampingi dengan ikhtiyar dari kita,.. agar mendapatkan hasilnya. semoga setelah kejadian itu, anda deprtemukan dengan jodohnya.aammmmmiinnnn:-)

    BalasHapus
  14. ini beneran cerita asli nih? jarang'' gue baca curhatan orang tentang cinta di blog. hahaha
    jdi sampe sekarang di cap playboy gtu yak.... hahaha. gue sendiri pengen jdi playboy gtu, tapi ya keadaannya yang ga memungkin kan kali ya. pacaran jga ga pernah. kambing. ngenes banget kayaknya.
    tapi gue sendiri happy'' aja sih, sama status jomblo perak gni. aku sih selow.
    tapi yah, kayaknya baiknya jjur sama si ayu nya sih. ga baik jg, cewe yg dateng baik'' kayak gtu, malah dijadiin tempat pelarian. gue kira, lu udah cerita tentang si shinta. ternyata belum ya. yah, lain kali kalo mau buka hati buat nerima cinta yg baru baiknya diceritain aja dulu ke cewe barunya. klo abis denger cerita itu, kmdian masih tetep mau deket, nah yg kayak gtu, bisa dipertimbangin deh.
    gue ga paham tuh, si ayu bikin lu mesem''. mksdnya jdi senyum'' sndri gtu ya?
    enaknya ya, temen smp trus kenalan lgi, eh jdi deket gtu. lah gue mah boro''... udh tinggal d pondok, smuanya cwo semua lagi. hahah
    tapi gpp lah, nanti suatu saat juga bakalan ketemu.

    ini gue malah curhat yak. maap

    BalasHapus
  15. Wuaaaaa...
    oh, jadi cowo kalau lagi ngedengerin cewek cerita bgitu?
    Cuma nangguk2, senyum2.. hahaha
    tapi emang iya sih.. :D

    jujur, kasihan ayu..
    tapi kamu emang berani banget ngambil keputusan.. salut.. :)

    BalasHapus
  16. Yah lanjutannya sedih lagi... Keliatan sih dari tulisan ke tulisan ada perubahan, entah kedewasaannya yg nambah atau apa hehe. Btw tadi sempet ngeh soal minuman yang dipesen "es teh manis hangat". Oke gapapa, munngkin karena lagi fokus ngebayangin Ayu :)

    BalasHapus
  17. nyimak dulu dah blum tau alur ceritanya gimana hehehe

    BalasHapus
  18. Tenang den, yang namanya jodoh gak akan kemana kok. Banyak orang kelamaan jomblo karena mereka gak mau nyari, lebih milih nunggu. Padahal yang harusnya nunggu kan cewek, cowok yang ngejar. Intinya, Tuhan baru mau ngasih kalo ada usaha dari orang itu.
    Syukur deh kalo si ayu tetep jadi temen. Jadi gak ada lagi korban sebuah kisah cinta. Kata orang pacaran adalah tempatnya saling menyayangi, perhatian, faktanya malah bikin sakit ya. Heran gue. Sampai sekarang misteri itu belum terjawab oleh ilmuwan dari ITB dan IPB..

    BalasHapus
  19. Bang aku tak ngerti bang, aku tak pernah merasakan cinta itu seperti apa ;-( #Tsaahhh

    masih keren tuh bang siklusnya masih sempet jadi pacar, lah gw
    Stranger -> Friend -> Best Friend -> Love -> Still Best Friend -> BEST FRIEND FOREVER. aah taek ;((

    Elu tuh bang yeh, seenak jidat gitu ngomong perasaanku udah ilang. Bagus tuh bang di tembak ama cewe, bahkan banyak yang ngejar-ngejar. Lah gw, gw yang nembak lah gw juga yang di tolak Taek dah.

    BalasHapus
  20. Pas pertama baca gue kayak baca curhatan lo akan cinta...yg gue setuju soal resiko menjalin hubungan, kalau kita putus ya kayak orang yg dulu pernah kita sayang banget berubah jadi damn strangers yg bnr bnr jauhhh bahkan nggak asaling kontak lagi. Its true..gue juga ngerasain hal itu dan klo suruh ngerasain lagi alias pacaran gue rasanya nggak sanggup. Its super hard, man...

    Tapi makin ke sini pas lo ketemu Ayu lalh tiba tiba kagak jadian tapi nolak kok kayak sinetron, bro. Mana pake peluk peluk begith. Wehehehehe...tapi yaaaa..cinta memang begitu..haha

    BalasHapus
  21. buset, panjang ya ceritanya. sepertinya memang begitu ya bro, ketika putus mantan akan menjadi sosok yang berbeda. orang yang dulunya dikenal baik, jadi nggak terlalu dikenal lagi. dan... cewek memang bukan tempat pelarian ketika kit asusah move on. karena move on bukan tentang menjadikan wanita sebagai pelarian. semoga setelah putus sama sinta, lo dapet cewek yang lebih baik.

    BalasHapus
  22. Gila cerita hidup lu udah kayak sinetro banget bro.
    bagus nih tulisan lu.
    ada tips juga yg gue tangkep dari cerita lu ini.
    kalau cewek lagi cerita panjang lebar,sebetulnya yang mereka mau cuma didengar aja, jadi cukup diem dan senyum-senyum kecil. Hehehe

    dan ini gue juga setuju
    stranger-friend-best friend-love-girlfriend-heartbreak-stranger maning. Heheh..

    BalasHapus
  23. Gua baca ceritanya dari awal, sampai yang ini, dan semuanya seru banget. Entah kenapa gua ga bosen bacanya, soalnya dari sini gua bisa tau hal-hal percintaan dari sudut pandang yang beda. Kaya elu yang dapet title 'Playboy' dan 'Brengsek', padahal gua pikir orang yang mendapat title kaya gitu urusan percintannya bahagia banget, tapi ternyata ga semuanya.

    Semoga engga cepet bosenan dan nemuin pasangan kaya temen lu si Aldi :)

    BalasHapus
  24. hati itu kalo udah patah, lama sembuhnya.
    cara gue move on, jalan-jalan cuci mata liat-liat manusia-manusia tampan di luar sana. tapi ntar kalo di kamar sendirian, nangis lagi... ahahahakkk

    tapi ceritalo asik juga, bagus nih ditayangin di tipi. pelajaran lah ya jangan suka mainin cewek. dicambuk kan sakit...

    BalasHapus
  25. tulisan benar banget, kayak cerita gue dulu

    BalasHapus